Rabu, 12 Juni 2013

AIDS DI SEKITAR KITA


‘Sepuluh Menit’Bersama Dr Rio WL, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi
AIDS Di SEKITAR KITA



 foto : HIV/AIDS mengintai di sekitar kita [dedy] 

AIDS ada di sekitar kita. Kalimat pendek itu terlontar dari kata-kata dr Rio WL, yang kini menjadi orang nomor satu di Dinas Kesehatan Banyuwangi itu. Menurutnya, di Banyuwangi temuan kasus penderita HIV/AIDS terus mengalami peningkatan.

"Jumlahkasus penderita AIDS pada2011tercatat sebanyak 240 penderita," tutur Rio tanpamenyebut penderita tahun sekarang.
Menurut dia, peningkatan penderita AIDS di Banyuwangi cukup memprihatinkan, tapi di sisi lain merupakan‘prestasi’ karena meningkatnya kesadaran masyarakat memeriksakan diri keVoluntary Councelling and Testing [VCT ]cukuptinggi.
Masih menurutnya, semakin banyak warga Banyuwangi yang sadar akan risikopenyakit yang mematikan itu, sehingga mereka memberanikan dir iuntuk memeriksakan keklinik VCT karena kerahasiannya benar-benar terjamin. Dan, penderita yang terjangkit HIV/AIDS didominasi oleh usia produktif yang mencapai hampir 60 persendan 1,5 persen atau 12 penderita di antaranya adalah anak-anak.
“Angka tertinggi didominasi oleh pekerja seks seksual [PSK] dan penguna narkoba melalui jarum suntik yang sebagian besar adalah usia produktif,” jlentrehnya kepada de facto di ruangkerjanya, pekanlalu.
Jlentrehnya lagi, mereka yang sudah berkonsultasi di klinik VCT akan mendapatkan obat ARV secara gratis, sehingga bisa mempertahankan kondisi tubuhnya yang semakin menurun drastis itu.
“ Ternyata HIV/AIDS itu ada di sekitar kita,” pungkasnya.■roy/dedy/budi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar